Selamat siang sobat blogger kali ini saya akan men-share tugas resume dari dosen saya Dhanang Sukmana Aji tentang E-Business CRM, Berikut rangkumannya...
Apa sih CRM itu??? CRM Singkatan dari (Customer Relationship Management) yaitu strategi komprehensif dan proses perolehan, menahan, dan partnering dengan customer
pilihan untuk menciptakan nilai unggulan untuk perusahaan dan customer. Itu
menyertakan integrasi pemasaran, sales, customer service, dan fungsi
supply-chain dari sebuah organisasi untuk mencapai sukses yang lebih baik
secara efektif dan efesien dalam berelasi kepada customer. CRM biasanya lebih
berfokus kepada upaya untuk memahami kebutuhan pelanggan agar dapat diberikan
layanan secara cepat dan tepat gan.
Nah untuk Tujuan secara
umum CRM sendiri adalah Menjalin hubungan dengan pelanggan gan, tentunya
yang memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan dan meningkatkan
produktivitas pemasaran dan untuk mempertinggi nilai nilai yang saling
menguntungkan bagi semua pihak yang bersangkutan dalam sebuah hubungan
kerjasama, itu tadi
tujuan gan.
Manfaat dari Customer
Relationship Management (CRM), yaitu:
Mendorong Loyalitas pelanggan
Aplikasi CRM
memungkinkan perusahaan untuk mendaya-gunakan informasi dari semua titik kontak
dengan pelanggan, baik via web, call center, ataupun lewat staff pemasaran dan
pelayanan di lapangan. Konsistensi dan aksepsibilitas informasi ini
memungkinkan penjualan dan pelayanan yang lebih baik dengan berbagai informasi
penting mengenai pelanggan itu.
Mengurangi biaya
Dengan
kemampuan swalayan dalam penjualan dan pelayanan pelanggan, ada biaya yang bisa
dikurangi. Misalnya dengan memamfaatkan teknologi web. Aplikasi CRM juga
memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah
skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat
dan pada waktu yang tepat pula.
Meningkatkan efisiensi
operasional
Otomasi
penjualan dan proses layanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas
pelayanan dan mengurangi beban cash flow. Penggunaan teknologi web dan call
center misalnya, akan mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta proses
administratif yang mungkin timbul.
Peningkatan time to market
Aplikasi CRM
memungkinkan kita membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi
pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan, sampai
integrasi dengan aplikasi ERP untuk keperluan perencanaan yang lebih baik.
Dengan kemampuan penjualan di web, maka hambatan waktu, geografis, sampai
ketersediaan sumber data dapat dikesampingkan untuk mempercepat penjualan
produk tersebut.
Adapun manfaat yang didapat oleh
perusahaan yang menerapkan konsep CRM ini gan, yaitu :
- Menjaga pelanggan yang sudah ada
- Menarik pelanggan baru
- Cross Selling : menjual produk yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
- Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi
- Perusahaan dapat merespon keinginan pelanggan lebih cepat
- Dan lain sebagainya.
Syarat untuk mengimplementasikan
sebuah strategi CRM, diperlukan paling tidak tiga faktor kunci gan yaitu :
1 - orang-orang yang profesional
(kualifikasi memadai),
2
- proses yang didesain dengan baik
juga
3
- teknologi yang memadai.
Nah itu tadi
sedikit pembahasan mengenai CRM (Customer
Relationship Management) dalam dunia E-Business gan, Semoga Bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar