Jumat, 11 Maret 2016

E-Business CRM (Customer Relationship Management)



Selamat siang sobat blogger kali ini saya akan men-share tugas resume dari dosen saya Dhanang Sukmana Aji tentang E-Business CRM, Berikut rangkumannya... 

Apa sih CRM itu???  CRM Singkatan dari (Customer Relationship Management) yaitu strategi komprehensif dan proses perolehan, menahan, dan partnering dengan customer pilihan untuk menciptakan nilai unggulan untuk perusahaan dan customer. Itu menyertakan integrasi pemasaran, sales, customer service, dan fungsi supply-chain dari sebuah organisasi untuk mencapai sukses yang lebih baik secara efektif dan efesien dalam berelasi kepada customer. CRM biasanya lebih berfokus kepada upaya untuk memahami kebutuhan pelanggan agar dapat diberikan layanan secara cepat dan tepat gan.
Nah untuk Tujuan secara umum CRM sendiri adalah Menjalin hubungan dengan pelanggan gan, tentunya yang memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan dan meningkatkan produktivitas pemasaran dan untuk mempertinggi nilai nilai yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bersangkutan dalam sebuah hubungan kerjasama, itu tadi tujuan gan.

Manfaat dari Customer Relationship Management (CRM), yaitu: 
Mendorong Loyalitas pelanggan 
Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk mendaya-gunakan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik via web, call center, ataupun lewat staff pemasaran dan pelayanan di lapangan. Konsistensi dan aksepsibilitas informasi ini memungkinkan penjualan dan pelayanan yang lebih baik dengan berbagai informasi penting mengenai pelanggan itu. 

Mengurangi biaya 
Dengan kemampuan swalayan dalam penjualan dan pelayanan pelanggan, ada biaya yang bisa dikurangi. Misalnya dengan memamfaatkan teknologi web. Aplikasi CRM juga memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula. 

Meningkatkan efisiensi operasional 
Otomasi penjualan dan proses layanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow. Penggunaan teknologi web dan call center misalnya, akan mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta proses administratif yang mungkin timbul. 

Peningkatan time to market 
Aplikasi CRM memungkinkan kita membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan, sampai integrasi dengan aplikasi ERP untuk keperluan perencanaan yang lebih baik. Dengan kemampuan penjualan di web, maka hambatan waktu, geografis, sampai ketersediaan sumber data dapat dikesampingkan untuk mempercepat penjualan produk tersebut.

Adapun manfaat yang didapat oleh perusahaan yang menerapkan konsep CRM ini gan, yaitu :
  • Menjaga pelanggan yang sudah ada
  • Menarik pelanggan baru
  • Cross Selling : menjual produk yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
  • Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi
  • Perusahaan dapat merespon keinginan pelanggan lebih cepat
  • Dan lain sebagainya.

    Syarat untuk mengimplementasikan sebuah strategi CRM, diperlukan paling tidak tiga faktor kunci gan yaitu :
1       - orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai),
     - proses yang didesain dengan baik juga
3       - teknologi yang memadai.

Nah itu tadi sedikit pembahasan mengenai CRM (Customer Relationship Management) dalam dunia   E-Business gan, Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar