Selamat Pagi Sobat Blogger.. pada dari ini tanggal 14 Maret
2016 saya akan men-Share materi kuliah saya tentang E_bisnis dalam dunia IT. Berikut
liputan.nya.. :D
E-Business adalah kegiatan
transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan
elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan
customernya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga bisa berupa iklan
, mengajak seseorang untuk membeli produk kita .
E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses
bisnis yang menghubungkan perusahaan , konsumen dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang
dilakukan secara elektronik.
E-Business mengacu pada semua
pengguna kemajuan teknolog informasi (IT), khususnya teknologi jaringan dan
komunikasi, untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi dalam melakukan
seluruh proses proses bisnis.
Kelebihan dan Kekuragan dalam Dunia E – Business
Kelebihan E – Business
:
Aliran pendapatan baru yang mungkin lebih menjanjikan
dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Melebarkan jangkauan (global reach).
Meningkatkan customer loyality.
Memperpendek waktu produksi.
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Kekurangan E – Business :
Pencurian
informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua
informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat
mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan
non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak
berfungsi.
Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha
yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan
reputasi perusahaan tersebut.
Penggunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem
perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke
rekeningnya sendiri.
Kerugian yang
tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,
ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia
atau kesalahan sistem elektronik.
E-business dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok :
Customer Relationship Management (CRM)
Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan.
Enterprise Resource Planning (ERP)
Strategi bisnis dari system informasi perusahaan yang dgunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.
Enterprise Application Programs (EAI)
Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.
Supply Chain Management (SCM)
Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.
Taktis
E-Business
Fokus.
Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang terfokus dari masing masing manajer produk.
Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang terfokus dari masing masing manajer produk.
Banner berupa teks,
Dikarenakan respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari pada banner berupa gambar.
Dikarenakan respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari pada banner berupa gambar.
Ciptakan 2 level afiliasi.
Memiliki distributor penjualan utama serta agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk atau bisnis.
Memiliki distributor penjualan utama serta agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk atau bisnis.
Manfaatkan kekuatan e-mail.
E-mail ialah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran juga dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
E-mail ialah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran juga dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
Menulis artikel.
Kebanyakan penjualan ialah hasil dari proses edukasi maupun sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
Kebanyakan penjualan ialah hasil dari proses edukasi maupun sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
Lakukan e-Marketing.
Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
Komunikasi instan.
Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli ataupun pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara melakukan komunikasi langsung.
Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli ataupun pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara melakukan komunikasi langsung.
0 komentar:
Posting Komentar